Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Optimalisasi Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Transportasi

(Studi pada PT Saung Mirwan)

Tugas Akhir / Skripsi Sistem Informasi Industri
Disusun oleh: Amelia Soegiharto
Program Ganda Sistem Informasi dan Teknik Industri Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Perkembangan dan penemuan-penemuan baru di bidang teknologi mempunyai dampak yang besar terhadap perkembangan industri-industri di dunia, termasuk di antaranya industri agribisnis baik di negara maju maupun negara berkembang. Industri agribisnis yang tidak mengikuti perkembangan teknologi atau tidak memiliki basis sistem informasi yang kuat memiliki resiko akan tertinggal, tersingkir dan bahkan gulung tikar bukanlah suatu hal yang mustahil. Langkah awal yang dapat dilakukan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang agribisnis di antaranya adalah dengan penggunaan dan pemanfaatan sistem informasi semaksimal mungkin. Sistem informasi memungkinkan adanya penyimpanan dan penggunaan data yang terintegrasi.

Dalam rangka memenuhi permintaan pelanggan, PT Saung Mirwan menyediakan lebih dari 50 jenis sayuran yang siap dikirim dalam jumlah tertentu setiap harinya. Sebagian besar komoditi tersebut dibeli dari mitra (untuk selanjutnya akan disebut supplier) yang berada di tiga kota besar, yaitu: Garut, Lembang dan Cipanas. Masalah yang dihadapi perusahaan saat ini adalah metode pemilihan supplier yang kurang tepat, sehingga sering kali perusahaan diharuskan untuk membayarkan penalty dikarenakan jumlah pembelian tidak memenuhi batas minimum order yang ditetapkan oleh supplier. Karena itu perlu dilakukan perbaikan metode dalam pemilihan supplier sehingga dihasilkan data pembelian paling optimal.

Pada penulisan skripsi ini, adapun metode yang diusulkan untuk menangani masalah tersebut adalah metode transportasi, dengan menggunakan dua metode sebagai bahan perbandingan, yaitu: (1) metode pengoptimalan, metode stepping stone dengan aturan northwest corner dan (2) metode least cost. Selain itu dilakukan juga analisa dan perancangan sistem informasi dan pembuatan aplikasi menggunakan pendekatan object-oriented untuk memudahkan kegiatan operasional perusahaan yang mendukung dilakukannya pengoptimalisasian pemilihan supplier.

Dari hasil pengolahan delapan data terpilih selama satu bulan maka dapat disimpulkan bahwa metode stepping stone memberikan hasil yang terbaik, dibandingkan dengan metode least cost dan trial and error (yang adalah metode yang digunakan oleh perusahaan). Penggunaan aplikasi dan sistem terkomputerisasi menjadi nilai tambah tersendiri karena sangat menunjang proses pengolahan data menggunakan metode transportasi ini. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pertimbangan serius oleh pihak manajemen mengenai penggunaan metode yang diusulkan beserta keseluruhan sistemnya.