Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Quality Control Untuk Meningkatkan Kualitas Produk dengan Menggunakan Metoda DMAIC

(Studi pada Produk Sprocket PT. Roda Prima Lancar)

Tugas Akhir / Skripsi Sistem Informasi Industri
Disusun oleh: Pritta
Program Ganda Sistem Informasi dan Teknik Industri Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Saat ini perkembangan industri manufaktur semakin pesat, para pelaku industri pun bersaing secara ketat, baik untuk persaingan dari pihak lokal atau pihak asing. Hal ini mendorong pelaku industri untuk bekerja keras meningkatkan dan mengembangkan kemampuan yang mereka miliki agar menjadi yang terbaik. Perusahaan industri manufaktur harus dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas mutu dari produk yang mereka hasilkan. Dengan kualitas yang baik diharapkan akan dapat bersaing baik secara global, karena kualitas merupakan salah satu elemen yang sangat penting untuk membuat industri yang ada tetap bertahan dan menguasai pasar yang ada. Kualitas yang baik biasanya diukur dengan bagaimana produk yang dihasilkan dapat memuaskan konsumennya. Peningkatan kualitas produk mempunyai tujuan meminimasi jumlah produk cacat atau defect. Dengan berkurangnya jumlah produk yang cacat, maka secara otomatis biaya penanganan terhadap produk yang cacat tersebut pun dapat diminimasi, serta dapat meningkatkan produktivitas dan juga meningkatkan profit bagi perusahaan.

Roda Prima Lancar (RPL) merupakan salah satu perusahaan subkontrak dari AHM (Astra Honda Motor), bergerak di bidang industri manufaktur yang produk utamanya adalah komponen (part} untuk motor yang diproduksi oleh AHM dan juga sparepart untuk motor tersebut. Sebagai perusahaan yang sedang berkembang, PT. RPL sering mengalami kesulitan dalam mengendalikan proses produksi untuk setiap komponen yang dihasilkan, khususnya dalam pembuatan komponen Sprocket. Hal ini terlihat dari persentase jumlah cacat yang dihasilkan cukup besar. Dengan menggunakan metode DMAIC (Define Measures Analyze Improve Control), penulis bertujuan untuk mengurangi variasi yang timbul agar mutu dari komponen Sprocket dapat dikendalikan dan dapat dikurangi serta melakukan perancangan sistem informasi Quality Control untuk mendukung penerapan dari metode DMAIC ini. Dengan adanya penyusunan skripsi ini, maka perusahaan dapat melakukan identifikasi terhadap hal - hal yang menjadi penyebab timbulnya variasi dari proses produksi komponen Sprocket. Dan dengan adanya perancangan sistem informasi Quality Control yang mendukung proses pengendalian Sprocket, perusahaan dapat terbantu untuk mempertimbangkan dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dan lebih efisien.